Print this page  A A A

Permohonan Fasilitas Keimigrasian

Setiap anak yang memiliki kewarganegaraan ganda dimana salah satunya adalah Kewarganegaraan Indonesia dapat memperoleh fasilitas keimigrasian. Fasilitas keimigrasian ini di antaranya adalah:

  • Anak yang hanya memegang paspor asing pada saat masuk dan berada di wilayah Negara Republik Indonesia dibebaskan dari kewajiban memiliki visa, izin keimigrasian, dan izin masuk kembali.

Untuk bisa memperoleh fasilitas keimigrasian dimaksud, orang tua/walinya wajib mendaftarkan. Pendaftaran bisa diajukan kepada Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal anak.

Anak pemegang paspor Republik Indonesia dan paspor asing wajib menggunakan salah satu paspor yang sama pada saat masuk dan/atau keluar wilayah Negara Republik Indonesia.

Prosedur

Kirimkan semua persyaratan permohonan fasilitas keimigrasian ke salah satu Perwakilan Indonesia yang sesuai dengan alamat si anak. Lihat informasi tentang alamat Perwakilan Indonesia di Kanada.

Jika pemohon ingin mengirimkan dokumen persyaratan lewat pos, silakan dibaca informasi tentang tata cara pengiriman dokumen sehingga dokumen pemohon tidak hilang pada saat pengiriman.

Jika semua persyaratan sudah lengkap, Pejabat Penerima Pendaftaran akan menerakan cap pada halaman pengesahan/endorsement paspor Republik Indonesia dalam hal anak tersebut memiliki paspor Republik Indonesia atau memberikan keterangan untuk mendapatkan fasilitas keimigrasian dalam hal anak tersebut memiliki paspor asing.

Persyaratan

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran untuk Mendapatkan Fasilitas Keimigrasian;. PDF File
  2. Fotokopi kutipan Akte Kelahiran anak yang dibuktikan sesuai dengan aslinya oleh Pejabat Penerima Pendaftaran;
  3. Fotokopi Akte Perkawinan/Buku Nikah atau Akte Perceraian Orang Tua anak yang dibuktikan sesuai dengan aslinya oleh Pejabat Penerima Pendaftaran;
  4. Fotokopi paspor asing anak yang dibuktikan sesuai dengan aslinya oleh Pejabat Penerima Pendaftaran;
  5. Paspor Republik Indonesia anak yang asli jika si anak sudah memiliki paspor Republik Indonesia. Lihat informasi tentang Paspor Republik Indonesia.
  6. 4 (empat) lembar pasfoto (ukuran untuk paspor) terbaru dari anak yang akan dimintakan fasititas keimigrasian. Lihat spesifikasi dari pas foto;

Informasi Terkait

You can get this information from:
http://consular.indonesia-ottawa.org/indonesia-citizens/kewarganegaraan/pelayanan-perwakilan-kewarganegaraan/fasilitas-imigrasi/
  • Back to top
  • Last updated: Friday, March 11th, 2011 at 5:40 pm UTC
Copyright © 2004 - 2017 by the Embassy of the Republic of Indonesia, Ottawa, Canada