Print this page  A A A

Perkawinan Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanada

  • KBRI, dalam hal ini Fungsi  Konsuler, dapat melaksanakan acara pernikahan, apabila kedua calon pengantin berkewarganegaraan Indonesia, beragama Islam, dan memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah ditentukan oleh Undang-Undang Perkawinan No. 1/1974.  Untuk pernikahan yang dilangsungkan oleh KBRI, maka Fungsi Konsuler akan memberikan Buku Nikah kepada kedua pengantin sebagaimana Buku Nikah yang diberikan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) dalam setiap perkawinan yang  dilaksanakan di Indonesia.
  • KBRI tidak diperkenankan melakukan pernikahan,  apabila salah satu atau kedua calon pengantin adalah Warga Negara Kanada atau Warga Negara Asing lainnya.
  • Untuk dapat dilangsungkannya pernikahan oleh Fungsi Konsuler, yang berkepentingan harus mengajukan surat permohonan kepada Duta Besar RI di Ottawa, u.p. Pelaksana Fungsi Konsuler, dengan melampirkan dokumen-dokumen sebagai berikut :
  1. Surat Permohonan dari ayah atau wali calon mempelai wanita.
  2. Surat Persetujuan menikah dari kedua belah pihak.
  3. Surat Keterangan untuk menikah dari Kelurahan.
  4. Surat Keterangan asal usul dari Kelurahan.
  5. Surat Keterangan orang tua dari Kelurahan.
  6. Akte Kelahiran asli, masing-masing dari kedua calon penganten berikut fotocopynya.
  7. Fotocopy paspor dan ijin tinggal.
  8. Bagi yang menetap di Kanada, surat keterangan belum menikah berupa (marriage licence) dari Municipal Office setempat, untuk wilayah Ontario dari Office of the Regristar General. Marriage Licence ini hanya berlaku 3 bulan (Ontario Municipal Office).
  9. Setelah yang bersangkutan kembali ke Indonesia, pernikahan harus dilaporkan ke Kantor Urusan Agama (KUA) dimana kedua pengantin bertempat tinggal. Laporan ke KUA  tidak boleh melebihi jangka waktu 1 (satu) tahun sejak kedatangan di Indonesia.
You can get this information from:
http://consular.indonesia-ottawa.org/indonesia-citizens/perkawinan/perkawinan-warga-negara-indonesia-wni-di-kanada/
  • Back to top
  • Last updated: Wednesday, October 12th, 2011 at 9:43 am UTC
Copyright © 2004 - 2017 by the Embassy of the Republic of Indonesia, Ottawa, Canada