Print this page  A A A

Surat Keterangan Barang dan/atau Legalisasi Daftar Barang Pindahan

This information is for Indonesia citizens and only available in Bahasa Indonesia

Pelayanan pembuatan Surat Keterangan Barang dan Legalisasi Daftar Barang Pindahan adalah pembuatan Surat Keterangan  Barang dan/atau Legalisasi Daftar Barang Pindahan untuk pembebasan bea masuk bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang membawa barang pindahan pada waktu WNI tersebut pindah/kembali ke Indonesia untuk selamanya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan :

  1. Barang pindahan yang mendapat pembebasan bea masuk ke Indonesia adalah barang-barang keperluan rumah tangga karena kepindahan pemiliknya ke Indonesia. Barang-barang pindahan yang mendapat pembebasan bea masuk tidak termasuk persediaan barang dagangan dan kendaraan bermotor.
  2. Surat Keterangan Barang tidak dapat diberikan kepada Warga Negara Asing (WNA) kecuali yang bersangkutan pindah ke Indonesia bersama keluarganya karena alasan pekerjaan, memperoleh ijin menetap dari Departemen Hukum dan HAM sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan.
  3. Apakah yang dimaskud dengan barang pindahan itu? Barang pindahan adalah barang –barang keperluan rumah tangga milik orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah ke dalam negeri.
  4. Apakah barang pindahan dipungut bea masuk? Atas impor barang pindahan diberikan pembebasan bea masuk. Namun, ketentuan pembebasan bea masuk tersebut tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor.
  5. Apakah pemberian pembebasan bea masuk atas barang pindahan berlaku bagi semua orang yang membawa barang pindahannya dari luar negeri ke Indonesia?
    Pembebasan bea masuk atas barang pindahan hanya diberikan kepada:
    a. Pegawai Negeri Sipil, anggota Tentara Nasional Indonesia atau Polisi Negara Republik Indonesia dengan kriteria:
    1) Menjalankan tugas ke luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun, dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keputusan penempatan ke luar negeri dan surat keputusan penarikan kembali ke Indonesia dari instansi yang bersangkutan;
    2) Menjalankan tugas belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun, dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keterangan belajar di luar negeri dar instansi yang bersangkutan.
    b. Pelajar, mahasiswa, atau orang yang belajar di Luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan telah selesai belajar.
    c. Tenaga Kerja Indonesia yang ditempatkan pada perwakilan Indonesia di luar negeri paling singkat singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus, berdasarkan perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Perwakilan Republik Indonesia tempat bekerja dan surat perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri.
    d. Warga Negara Indonesia yang karena pekerjaannya pindah dan berdiam di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus, yang dibuktikan dengan surat keterangan pindah dan rincian barang yang telah ditandasahkan oleh perwakilan Republik Indonesia di negera yang bersangkutan.
    e. Warga negara asing yang karena pekerjaannya pindah ke dalam daerah pabean Inonesia bersama keluarganya setelah mendapatkan:
    1) Izin menetap sementara dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang dibuktikan dengan Kartu Izin Menetap Sementara paling singkat 1 (satu) tahun; dan
    2) Izin kerja sementara dari kementerian yang membidangi tenaga kerja yang dibuktikan dengan Kartu Izin Kerja Tenaga Asing Sementara paling singkat 1 (satu) tahun.
  6. Untuk mendapatkan pembebasan bea masuk, apakah barang pindahan harus tiba bersama-sama pemiliknya pada saat tiba di Indonesia?
    Barang pindahan yg diimpor dan diberikan fasilitas pembebasan bea masuk, harus tiba bersama-sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.
  7. Apa yang harus dilakukan oleh pemilik barang agar barang pindahannya dapat diberikan pembebasan bea masuk?
    Untuk mendapatkan pembebasan bea masuk atas barang pindahan, pemilik barang yang memenuhi kriteria atau kuasanya menyampaikan Pemberitahuan Pabean Impor ke Kantor Pabean tempat pemasukan barang pindahan, dengan melampirkan:
    a. Daftar rincian jumlah, jenis dan perkiraan nilai pabean atas barang yang dimintakan pembebasan bea masuk yang telah ditandasahkan;
    b. Surat keterangan dan/atau dokumen terkait sebagaimana dimaksud dalam jawaban nomor 3; dan
    c. Fotokopi paspor.
  8. Apakah terhadap barang pindahan harus dilakukan pemeriksaan fisik ?
    Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No 28/PMK.04/2008, atas barang pindahan dilakukan pemeriksaan fisik

Prosedur

Kirimkan semua persyaratan pembuatan Surat Keterangan Barang Pindahan ke Fungsi Konsuler salah satu Perwakilan Indonesia di Kanada sesuai dengan alamat tempat tinggal pemohon. Lihat alamat Perwakilan Indonesia di Kanada.

Jika pemohon ingin mengirimkan dokumen persyaratan lewat pos, silakan dibaca informasi tentang tata cara pengiriman dokumen sehingga dokumen pemohon tidak hilang pada saat pengiriman.

Persyaratan

  1. Mengajukan permohonan tertulis yang diketik rapi dengan menjelaskan tentang maksud dan tujuan permintaan Surat Keterangan dan/atau Legalisasi Daftar Barang Pindahan yang memuat sekurang-kurangnya alamat di Indonesia, alamat terakhir di Kanada, tanggal kedatangan di Kanada dan tanggal kepulangan dari Kanada.
  2. Dokumen daftar barang pindahan yang dibuat diatas kertas Perusahaan Pengiriman barang di Kanada
  3. Menyertakan Fotocopy:
    • Paspor pemohon yang masih berlaku.
    • Surat Keterangan Lulus (Ijazah/Transkrip/Surat Keterangan dari Sekolah/Universitas) jika yang bersangkutan adalah pelajar/mahasiswa.
    • Surat Keterangan dari perusahaan si pemohon jika yang bersangkutan karyawan.
  4. Menyertakan tanda bukti pembayaran dalam bentuk Money Order. Lihat informasi tentang biaya pelayanan konsuler dan tata cara pembayaran dan pengiriman dokumen.
  5. Menyertakan amplop pengiriman balik jika hasilnya ingin dikirimkan lewat pos. Lihat informasi tentang tata cara pembayaran dan pengiriman dokumen.
  6. Menunjukkan kartu Permanent Resident/study permit/work permit yang asli.

Pada umumnya proses pembuatan surat keterangan ini akan selesai dalam waktu 1 (satu) hari kerja. Permohonan yang diterima pada siang hari setelah jam istirahat akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Informasi Terkait

You can get this information from:
http://consular.indonesia-ottawa.org/indonesia-citizens/surat-keterangan/surat-keterangan-barang-pindahan/
  • Back to top
  • Last updated: Friday, March 6th, 2015 at 4:26 pm UTC
Copyright © 2004 - 2015 by the Embassy of the Republic of Indonesia, Ottawa, Canada