Print this page  A A A

Penggantian Paspor Biasa

This information is for Indonesia citizens and only available in Bahasa Indonesia

Please contact the Consular Services by email  :
consular@indonesia-ottawa.org

Paspor Biasa

Sesuai dengan amanat UU No. 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, KBRI Ottawa menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM). Dengan SIMKIM, pemohon wajib datang ke KBRI Ottawa guna pengambilan data biometrik dan wawancara.

Permohonan Penggantian Paspor Biasa adalah permohonan paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya sudah pernah memiliki paspor.

Penggantian ini dilakukan karena paspor yang lama telah habis masa berlakunya, telah penuh halamannya, rusak, atau hilang.

Bagi WNI yang berada di luar wilayah Negara Republik Indonesia, permohonan penggantian paspor ini bisa diajukan kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia atau Pejabat Imigrasi atau Pejabat Dinas Luar Negeri pada Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang ditunjuk Menteri Luar Negeri. Lihat alamat Perwakilan Indonesia di Kanada.

Bagi WNI yang kehilangan Paspor pada saat berwisata atau tinggal sementara di Kanada akan diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) sekali perjalanan pulang ke Indonesia.

Bagi WNI yang kehilangan Paspor diminta untuk datang ke KBRI guna pengurusan Paspor baru/SPLP dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

Cara Mengajukan Permohonan

Dengan Perjanjian

  1. Kirim scan copy seluruh persyaratan via email consular@indonesia-ottawa.org dan atur jadwal pertemuan.
  2. Datang ke KBRI Ottawa pada waktu yang telah ditentukan. Bawa dokumen kelengkapan asli.

Tanpa Perjanjian

  1. Mengambil nomor antrian dan menunggu panggilan.
  2. Pemeriksaan berkas kelengkapan. Jika tidak lengkap, proses berhenti.

Persyaratan

  1. Mengisi formulir pendaftaran diri secara online (bagi yang belum melakukan lapor diri)
  2. Mengisi formulir permohonan paspor cetak per lembar (tidak bolak-balik) (F-002-2009-Ind). PDF File
  3. Menyertakan paspor lama yang akan diganti tanpa sampul/cover.
  4. Menyertakan fotokopi paspor lama (Halaman Utama, halaman Catatan Pengesahan, halaman yang berisi stempel/sticker visa dan halaman Lapor Diri).
  5. Menyertakan fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Surat Ganti Nama.
  6. Menyertakan fotokopi salah satu dari dokumen yang masih berlaku (Status Tinggal di Kanada) berikut ini:
  7. Mengisi Surat Pernyataan Tidak Berkewarganegaraan Asing KBRI Ottawa cetak per lembar (tidak bolak-balik).
  8. Penggantian Paspor karena alasan hilang, menyertakan Surat Laporan Keterangan Kehilangan dari Kepolisian lokal, fotocopy Paspor yang lama dan berita acara pemeriksaan olah KBRI Ottawa. Silahkan hubungi kami melalui email consular@indonesia-ottawa.org untuk informasi lebih lanjut.
  9. Menyertakan pembayaran sebesar C$ 47.00 (biaya penggatian paspor 48 halaman sebesar C$40.00 dan biaya pengambilan biometrik C$7.00) atau C$77.00 untuk penggantian paspor karena hilang (biaya penggatian paspor 48 halaman sebesar C$70.00 dan biaya pengambilan biometrik C$7.00) dalam bentuk Money Order yang ditujukan kepada Embassy of Indonesia.
  10. Menyertakan amplop pengiriman balik dengan tracking number jika hasilnya ingin dikirimkan lewat pos. Isi bagian alamat pengirim dengan CONSULAR EMBASSY OF INDONESIA, 55 PARKDALE AVENUE, OTTAWA, ON, K1Y 1E5 dan alamat tujuan  dengan lengkap dan jelas. KBRI tidak bertanggung jawab atas beban biaya yang timbul jika amplop kembali akibat ketidakjelasan alamat tujuan.
  11. Menyertakan ceklist dokumen Penggantian Paspor RI.

INFORMASI TAMBAHAN

  1. Proses SIMKIM meliputi: foto, pengambilan sidik jari, wawawncara, input data, pengecekan data, pengambilan bukti pembayaran dan oenerimaan paspor.
  2. Sertakan semua fotokopi dokumen yang jelas terbaca pada kertas ukuran letter. Pisahkan fotokopi untuk setiap aplikasi yang berbeda. KBRI Ottawa tidak menyediakan jasa print dan fotokopi. Mohon agar tidak menggunakan staple untuk menyatukan dokumen.
  3. Pemohon yang mengajukan penggantian paspor sebelum 6 (enam) bulan masa berlaku habis agar menyertakan Surat Permohonan yang menyebutkan alasan dan menyertakan bukti pendukung .
  4. Persyaratan tambahan lainnya untuk penggantian paspor lebih awal, penggantian paspor yang telah habis masa berlaku, penggantian paspor rusak/hilang, dan lainnya dapat menghubungi Layanan Konsuler KBRI Ottawa.
  5. Pemohon yang mengajukan penggantian paspor 3 (tiga) bulan melebihi tanggal berakhir paspor agar menyertakan/mengirimkan Status Tinggal asli yang masih berlaku.
  6. Mohon agar tidak melampirkan/mengirimkan dokumen asli kecuali diminta. Layanan Konsuler tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kehilangan dokumen asli.

Pada umumnya proses penggantian paspor biasa ini akan selesai dalam waktu 3-5 hari kerja diluar waktu pengiriman. Permohonan yang diterima pada siang hari setelah jam istirahat akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Informasi Terkait

Catatan: KBRI Ottawa tidak bertanggung jawab atas amplop yang tertahan di Kantor Pos.

You can get this information from:
http://consular.indonesia-ottawa.org/indonesia-citizens/surat-perjalanan-republik-indonesia/paspor-biasa/penggantian-paspor-biasa/
  • Back to top
  • Last updated: Tuesday, November 13th, 2018 at 12:12 pm UTC
Copyright © 2004 - 2018 by the Embassy of the Republic of Indonesia, Ottawa, Canada